Menggunakan Fungsi Vlookup Pada Excel

Menggunakan Fungsi Vlookup Pada Excel - Kali ini saya akan berbagi bagaimana menggunakan fungsi “vlookup” pada Microsoft Excel. Saya akan menggunakan kasus seperti yang saya ilustrasikan pada gambar di bawah ini :


Bagaimana agar field Nama Barang akan terisi secara otomotis dengan dasar pada field Kode Barang. Jadi ketika Kode Barang terisi maka otomatis Nama barang akan terisi menyesuaikan sesuai dengan table sumber yang telah kita buat sebelumnya.
Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1.  Buka Microsoft Excel Anda, saya masih setia menggunakan 2007. Malas menyesuaikan ke Microsoft Excel 2010.
2.    Kemudian masukan fungsi vlookup di cell B2 pada sheet1
 
 3.    Ketikan =vlookup(
 4.    Ada tiga tahapan yang harus dilakukan :
*      Pertama : lookup_value. Pilihlah cell A2
*      Kedua : table_array. Pilih VLookup table pada sheet dua. Jangan lupa antar argument dipisahkan dengan tanda koma.
*      Ketiga : col_index_number. Nomor kolom dari table array yang akan dijadikan output. Tulis angka 2 yaitu “NAMA BARANG” yang tersimpan di kolom kedua.
Kemudian tekan Enter.Lihat Hasilnya

Kemudian copykan fungsi tersebut ke baris – baris selanjutnya. Atau anda bisa mengupsolutkan table array agar tidak berubah ubah ketika kita copy ke baris – baris selanjutnya. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
1.    Pilih cell B2
2.    Letakan symbol dolar “$” di depan tiap nomor baris dan kolom pada vlookup table array. Ilustrasi seperti gambar di bawah ini :
3.  Dan terakhir aktifkan cell B2 lalu arahkan kursor ke sisi kanan bawah di cell B2 sampai muncul tanda + tahan dan tarik ke bawah sampai B10.
 
 

Demikian tutorial Menggunakan Fungsi Vlookup Pada Excel. Semoga bisa membantu

Related Posts